Wiswi Ayu Yafni

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar bersama Dinas Pendidikan sangat peduli tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat yaitunya Penyu...

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar Daring Smart 19

Belajar daring Smart 19

Tantangan 365 hari ke 105

Belajar daring adalah solusi pembelajaran baru di era pandemic covid 19. Belajar Daring menjadi trend di saat virus corona mewabah dibumi ciptaan Alah ini , tidak terkecuali di Indonesia. Belajar dan bekerja Daring dilaksanakan dengan berbagai trik oleh berbagai pihak. Diantaranya lembaga pendidikan seperti sekolah sekolah , tempat kursus dan perguruan tinggi, bahkan di lembaga pemerintahan juga bekerja di rumah atau WFH memakai daring dan dilengkapi dengan aplikasi zoom join meeting. Lembaga lembaga non pemerintah, seperti pihak swasta , usaha milik pribadipun tidak ketinggalan.

Begitu juga di sekolah yang saya pimpin, belajar daringpun tak bisa dielakkan, walaupun belum semua orang tua yang memiliki android. Belajar daring tetap dilaksanakan dengan beberapa langkah yang diambil dengan kebijakkan sekolah. Sehingga sampai saat ini belajar daring masih berjalan lancar tanpa kendala.

Menyadari akan hal itu, maka langkah yang saya ambil adalah menyusun trik sendiri untuk melaksanakan belajar daring. Saya tidak menginginkan timbul masalah nanti. Apalagi masalah itu timbul dari guru- guru. Jadi trik yang diambil adalah trik yang memberikan semangat dan bantuan kepada guru guru untuk melaksanakan belajar daring selama pandemic. Diharapkan trik ini tidak membuat guru bosan dan jenuh, apalagi stress.

Adapun trik yang saya rancang adalah:

Membuat vidio yang berisi tentang pengetahuan covid 19, life skill tentang covid 19, pendidikan karakter, dan pengerjaan tugas yang akan diberikan guru nantinya. Menshare video tersebut kepada wali murid di grup wa. Menyatukan visi tentang belajar daring, yaitu belajar praktis, efektif dan bermanfaat.. Mencapai visi dangan melaksanakan misi yang disepakati Memberi nama belajar di rumah dengan sebutan : BELAJAR DARING SMART 19.

Dalam melaksanakan belajar daring smart 19 ini setiap guru wajib menanamkan konsep apa itu belajar daring smart 19 dalam pikiran dan tindakannya. Maka dengan adanya konsep tersebut dalam pikiran guru, ia akan tetap nyaman, santai , bersemangat, dan bertanggungjawab dalam bekerja memberikan pembelajaran kepada siswa. Alhamdulilah sampai hari ini guru dan siswa dalam keadaan sehat . Bagaimana langkah langkah belajar daring smart 19 tersebut? Ayo baca, penjelasan ini.!

B∞ berikan senyummu,walaupun kau punya beban

E∞ engkau akan merasakan puas dan bahagia

L∞ lalu nikmatilah

A∞ agar jiwa tetap fit

J∞ jangan kau berpikiran negative

R∞ ragamu akan ikut fit

D ∞ dalam masa PSBB ini

A ∞ anak anak harus tetap belajar

R ∞ rumah adalah tempatnya

I ∞ ingat jangan sampai lupa memberi tugas

N ∞ negara melarang belajar tatap muka

G ∞ guru memberi tugas melalui wa grup dengan belajar daring smart 19

S∞ semua guru harus bersemangat memberikan tugas kepada siswa

M∞ memberi target waktu kepada siswa untuk melaporkan hasil tugasnya

A∞ adakan evaluasi terhadap tugas siswa tersebut

R∞ rencanakan tugas untuk esok harinya

T∞ tidak lupa untuk memberikan reward kepada siswa yang melaporkan

tugas dengan tepat waktu, cepat, dan memuaskan

19∞ 19.00 WIB adalah waktu untuk memberikan reward kepada siswa setiap hari. Itulah trik dalam pembelajaran daring daring smart 19 agar guru dan siswa tetap fit.

Selamat mencoba trik penyemangat guru dan siswa dalam masa PSBB ini

Batusangkar, 2 Juni 2020, karya Wiswi Ayu Syafni,S.Pd.SD

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap buk,,,

03 Jun
Balas

Betul betul smart idenya Bu

03 Jun
Balas

Ide yang sangat smart bu. mantap

02 Jun
Balas

Mantap bundo idenya.

04 Jun
Balas

Wah..bagus juga tuh buk wi idenya..semangat

03 Jun
Balas

Smart sekali bu

03 Jun
Balas

Mantul gimana bund...

02 Jun
Balas

Mantul gimana bund...

02 Jun
Balas

Ah masak bund...Makasi ya..

02 Jun
Balas

Terima lasih teman teman semua...

04 Jun
Balas

Smart bun

02 Jun
Balas

Mari kita smart terus. Tetap semangat.

03 Jun
Balas

Mantul bun.

02 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap, Bun...

29 Jun
Balas

Mantap idenya wiwi..

03 Jun
Balas

mantap bu wi lanjut .. berkarya.

02 Jun
Balas



search

New Post