Wiswi Ayu Yafni

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar bersama Dinas Pendidikan sangat peduli tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat yaitunya Penyu...

Selengkapnya
Navigasi Web

Alih Profesi

Tantangan hari ke 47

Alih profesi

Sambil menyulut rokok di bibir Bambang duduk termenung menghadap jalan di depàn rumahnya. Pemandangan ini sudah seminggu berjalan ku lihat. Pekerjaan baru barangkali bisik hatiku. Ya, sejak diberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB oleh pemerintah berdampak pada pemasukkan kantong setiap orang seperti pekerjaan Bambang.

Bambang adàlah anak muda yang senantiasa , tidak mau diam dalam keseharian biasanya. Ada ada saja yang ia lakukan sehingga dapat menghasilkan uang demi menafkahi keluarga kecilnya. Sehingga kehidupannua cukup mapan dan keluarganya bahagia.

Saat ini kelihatan Bambang juga tak habis akal dalam menghadàpi situasi yàng menakutkan ini. Profesinya selama ini adalah menawarkan jasa foto kopi . Ia memiliki jiwa bisnis yang lumayan baik. Sehingga ia mampu bersaing dengan sesama pejuang penjual jasa foto kopi selama ini.

Tapi , disebabkan pandemik yang mulai meresahkan banyàk orang ini , menyebabkàn usaha foto kopi tidak beroperasi lagi.Sekolah sekolah ditutup, perkantoran tidak seperti biasa , karyawan hadir sesuai dengan kepentingan saja yàng hadir, bahkan ada yang ditutup . Perguruan tinggi juga diliburkan . Semuanya itu tidak membutuhkan jasa foto kopi dengan skala besar. Nah ini yang membuat Bambang dan teman sesama penjual jasa foto kopi juga tidak jalan lagi, sehingga tentu saja tidak ada pemasukkan uang.

Berhubung dengan itu semua, Bambang tak habis àkal. Ia pun tanpa segan dan gengsi mulai mencari jalan bagaimana agar tetap menghasilkan uang tetapi tetap menerapkan sosial distancing dalam bekerja. Apa itu usahanya hari ini? Ia banting stir alih profesi menjadi tukang jual bahan bakar atau bensin.

Di depan rumahnya dibuat pondok kecil untuk menata botol bensin seukuran 1 liter. Beruntung si Bambang , karena rumahnya di pinggir jalan raya. Jadi ia tak perlu menyewa tempat untuk itu. Usaha ini sudah berjalan satu minggu lamanya.

Bambang , punya keyakinan , bahwa rezki sudah ada yang mengatur. Yang penting kita berusaha dengan iklas. Apapun hasilnya berarti itu yang terbaik untuk kita.

Batusangkar, 5 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post